(0751) 34212

[email protected]

Padang

Jl. Arif Rahman Hakim No.57

https://www.akparbundapadang.ac.id/profil/sejarah/

SEJARAH AKPAR BUNDA PADANG

Akademi Pariwisata Bunda (AkPar Bunda) didirikan oleh Ibu-Ibu Yayasan Bunda dibawah pimpinan Ibu Nelly Adam Malik pada tahun 1983, dengan peresmiannya oleh Bapak Achmad Taher pada 5 Nopember 1983, sampai saat ini (2017) sudah beroperasional selama 34 tahun.

Pertumbuhan sektor usaha pariwisata selalu berkembang dinamis.Secara nasional diharapkan menjadi primadona dalam menghasilkan devisa negara. Setiap 1000 wisatawan manca negara dan domestik masing masing akan membuka kesempatan 65 dan 37 orang, akan terbuka kesempatan kerja yang semakin banyak bagi SDM pariwisata dimasa datang.

Dinas Pariwisata, Badan Pengembangan Pariwisata, Hotel Berintang, Biro Perjalanan Wisata, Pengelola Objek wisata merupakan sebagian dari peluang kerja yang terbuka untuk sektor pariwisata.

Akpar Bunda sebagai lembaga pendidikan tinggi terdepan dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mandiri profesional khususnya dibidang pariwisata beroperasi sejak Tahun 1983 di bawah naungan Yayasan Akademi Pariwisata Bunda yang dipimpin oleh Hj.Nelly Adam Malik.

Dengan Motto “Membangun Sumber Daya Manusia yang Mandiri dan Profesional”. 

PPLP (Pusat Penelitian Lembaga- Pariwisata) Akpar Bunda melalui Program Diploma III Perhotelan dan Usaha Perjalanan wisata bersama unit-unit Pendidikan  dan Pelatihan Pariwisata berupaya dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja dibidang Pariwisata yang mandiri dan profesional serta mampu bersaing secara nasional dan Internasional.

Profil Akademi Pariwisa Bunda Padang

Yayasan Bunda sendiri disahkan dihadapan Notaris Helmy Panuh SH, dengan nomor surat Akte nomor 3 pada tanggal 7 Juli 1984, dan diperbaharui pada tanggal 27 April 2006 dengan nomor Akte Notaris nomor 23, disebabkan terjadinya perubahan Pengurus Yayasan Bunda dan perubahan nama Yayasan menjadi Yayasan Pendidikan Bunda. Pada tahun 2010 berdasarkan akte Notaris no 1 tanggal 1 Oktober 2010 Yayasan berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Pariwisata Bunda dan sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Dari mulai berdirinya AkPar Bunda, telah beroperasional digedung dan tanah milik sendiri di atas tanah wakaf yang dipercayakan oleh Pemerintah Kota Padang ke Yayasan Bunda, kemudian diperluas pada tahun 1988 dengan diresmikannya gedung II dan kemudian perluasan tanah lagi pada tahun 1996. (Luas & Jumlah Kelas : Aula, Kitchen, Model Room, dsb) (Tabel)

Izin Operasional Perguruan Tinggi didasarkan pada izin yang diberikan pada Program Studi yang dijalankannya. Akademi Pariwisata Bunda memiliki 2 (dua) Program Studi (Prodi)

  1. Prodi Perhotelan dengan nomor Izin Operasional nomor 14238/D/T/K-X/2013 yang berlaku sampai tahun 2016
  2. Prodi Usaha Perjalanan Wisata yang sudah mendapat izin perpanjangan yang berlaku sampai tahun 2014.
  3. Akademi Pariwisata Bunda (Akpar Bunda) Alhamdulillah telah terakreditasi semenjak Januari 2013 dengan peringkat B, No SK 014/SK/BAN-PT/AK-XII/Dipl-III/I/2013

 

 

TESTIMONIAL ALUMNI

Silahkan isi testimonial berikut sebagai alumni AKPAR BUNDA PADANG

X
TESTIMONI